16.3.11

MANILA - KINABALU - LABUAN - BRUNEI PART V


Jam 12 siang @Unclejack Backpacker Hostel, Labuan Island, Sabah
Sampai sudah setelah 3jam-an perjalanan naik kapal ferry ke pulau Labuan. Sebelum lanjut ke Brunei aku tinggal 1 malam dulu di Labuan. Pertama sampai langsung mengambil beberapa brosur, dan salah satunya promo Unclejack Backpacker Hostel. Kayaknya murah, untuk kamar dormitory cuma 20rm.
Dari peta, lokasinya nggak gitu jauh dari ferry terminal, jalan kaki sekalian melihat situasi kota Labuan yang gak lebih dari separuh Kinabalu, akhirnya ketemu. Lokasinya di lantai 2 di belakang Utama Jaya Superstore. Ketemu sang Unclejack, orangnya ramah dan asyik, fasilitasnya breakfast, wifi, kamar udah ac. Murah meriah deh. Ambil deh.
Si paman juga menerangkan beberapa lokasi menarik di Labuan Island, rencananya ntar sore aku mau sewa motor aja sebentar sekitar 10 rm untuk menyusuri pulau, sementara sekarang... Cari makan dulu.

Parade Foto Labuan 


























Pulau Labuan yang berasal dari kata Pelabuhan ini cuma seluas 95km, jadi kalo mau keliling paling barter makan waktu 2 jam-an. Beberapa lokasi menarik di pulau ini ialah pantai Layang-Layangan beach, Pancur Hitam dan Batu Manikar. Juga ada pulau-pulau kecil dan spot diving dengan pemandangan bangkai kapal Amerika, Australia atau Philipina.
Di kota Labuan banyak ketemu toko-toko bebas pajak, makanya disini disebut duty free island, selain mall lumayan gede Labuan square, komplek olahraga laut dan kembali komplek pemakaman korban perang terbesar di Malaysia. Ada 3908 tentara kebanyakan Australia, Inggris dan India dimakamkan disini, makanya pulau rame didatengi penziarah pas hari peringatan saban tahunnya.

War world ii cementery






Kalo malam tiba, lokasi-lokasi rame terlihat di night market sepanjang jalan bunga mawar, sementara di sepanjang jalan bunga melati jadi tempat-tempat nongkrong, ngopi dan nge-bir sampe ke jalan-jalanan.
Seperti halnya kota-kota lain di Malaysia, kedai-kedai ala mamak banyak dibuka disini, rumah makan prasmanan, tinggal pilih lauk sesuai selera, sekali makan dengan air sejuk sekitar 5 RM.

Jam 10.00 @ Terminal Ferry antarbansa Labuan, free wifi
Nongkrong disini, suasana gerimis diluar. Namanya pulau cuaca ga menentu, kemarin sore saja hujan, batal rencana sewa motor keliling pulau.
Siang ini gw melanjutkan ke Brunai, tiket kapal yang dibeli kemaren di Kinabalu jam 1.30 siang ntar. Perjalanan makan waktu 1 jam saja. Lagi-lagi gw merasa melakukan kesalahan yang sama. Membeli tiket direct kemaren bukan keputusan yang tepat. Mestinya gw beli tiket ke Labuan aja, tiket ke Brunei banyak dijual disini. Ada 3 keberangkatan, jam 9 pagi, 12 siang dan 1.30. Kalo gw tadinya beli jam 9 pagi, akan lebih banyak waktu meng-eksplore Brunei berhubung besok pagi pesawat gw ke KL sudah nunggu. Barusan juga bayar dulu terminal tax 5 ringgit walaupun udah punya tiket.
Oke, setidaknya berbagi disini bisa jadi "pelajaran" untuk temen-temen semua, biar sudah punya gambaran gimana di lokasi kalo ada rencana ke Brunei via Labuan. 
Anyway, BSB.. Here I come.

Selanjutnya MANILA - KINABALU - LABUAN - BRUNEI PART VI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar