16.3.11

HONGKONG & MACAU PART I

Sabtu, 8 Januari 2011 jam 00.01 waktu HK
Finally, setelah euphoria tahun baruan, tiba juga waktunya untuk backpacker pembuka tahun ke Hongkong dan Macau (destinasi yang lagi happening ni garagara sonny laksono  aka gayus). Sebenarnya mau ke shenzhen juga, apadaya sejauh ini informasi mengatakan voa untuk paspor indo blom bisa sampe februari nanti. 
Dengan modal tiket promo Mandala, berangkat rp 30ribu dan pulangnya rp 235rb (udah include airport tax Hk), direncanakan perjalanan kali ini bakal betul-betul tight budget mengingat masih banyak jadwal jalan-jalan tahun ini (korban promo!).
Penghematan diawali dengan naik bus damri ke bandara cuma 20rb, sesampai di soeta  masuk terminal keberangkatan, ternyata betul-betul sudah diberlakukan bebas fiskal. Counter fiskal tampak kosong melompong dengan spanduk gede diatasnya tertulis ;

Spanduk bebas fiskal



Ya, udah langsung lapor ke counter check in, petugasnya langsung ngegosip sama temen sebelahnya setelah melihat tiket gw muraaahhh bgt (butuh keteguhan hati dan pengorbanan cuy). Hati gw agak dagdigdug berhubung ngebawa ransel yg ukurannya lumayan, takut ditimbang dan kena deh, tiket gw kan tanpa beli bagasi. Untungnya lolos lolos saja. Tapi ga tau pas pulang nanti.... Katanya petugas bandara HK bakal lebih stricht masalah bagasi.
Gak pake lama, cuma telat 30 menit (wajarlah) dari jadwal keberangkatan, akhirnya pesawatku terbang ke bulan, kursi yang terisi kurang dari stengahnya. Sayang banget, coba dibagi bagi gratis pasti banyak yang mau. 
Perjalanan 5 jam berjalan lancar, ada sedikit goncangan akibat cuaca, tapi dibuat tidur aja berhubung ngantuk.
Jam 11 malem waktu HK, pesawat mendarat mulus, dan turun dari pesawat masuk ke terminal 2 dan rame-rame pnumpang lain naik shuttle bus ke terminal 1, tempat imigrasi. Sesuai rencana awal, sesampai di terminal 1 langsung mencari dulu tempat tidur-tiduran nunggu pagi sekalian menghemat hotel.
Pas didepan counter imigrasi ada kursi nganggur, ada charging point, dan refill air minum (mau hematnya sampai bawa botol aqua kosong, berhubung air mineral disini katanya mahal) jadilah tidur-tiduran disini dulu belum ikutan antrian imigrasi. Sambil nge-charge BB (jgn lupa bawa connector colokan 3 yang pipih), mencoba fasilitas xl bis yg free bisa dipake di HK.

Lumayan nyaman bwad menghabiskan malam

Sekitar jam 6 menuju imigrasi, ngantri bentar, ctak ctok (bunyi stempel ni), beres! Mampir bentar ke 7/11 beli nasi tomyam cuma 15hkd, lumayan ngangetin perut.
Sebelumnya beli octopus card seharga 150hkd (yg 50nya deposit dan bs direfund dgn potongan HKD 7). Wajib dibeli biar ga repot bayar naik bus atau MTR.
Ternyata untung juga tidurnya sebelum keluar imigrasi, karena diluar kursinya terbatas dan rame orang lalu lalang.
Tujuan selanjutnya cari hotel (blom boking sama sekali nih, gambling aja), tujuan Tsim Tsa Tsui. Naik Train airport ekspress harganya 95hkd, kalo naik bus 35hkd. 
Mau lebih murah? Ruteku, naik bus nomor S1 ke Tung Chung, cuma 3,5-an HKD. Sesampainya disana naik MTR ke Tsim Tsa Tsui (jangan lupa ganti MTR di Lai King), cuma 13,5hkd. Jadi total cuma 17hkd!!!!
Oya, pas bus-nya sampe Tung Chung, bisa aja kalo mau lanjut jalan-jalan ke Lantau Island, tinggal naik kereta gantung (96 hkd PP) atau bus (35hkd), berhubung jadwalnya baru buka jam 9.30, sedangkan gw jam 7an udah disana, akhirnya diputuskan ke Lantau Island lihat Giant Budha pas pulangnya aja (rute yg lbh pas ke Lantau Island bagi yg naek mandala berhubung pesawat balik ke Jkt jam 11 malem jd lbh baik ke Lantau Islandnya pas dihari kita pulang ke Jkt aja. Soalnya ga gitu jauh kl dr airport ke Lantau Island. Bagi yg bawaannya byk diairport ada tmpt penitipan koper sekitar HKD 30 utk 4 jam utk koper gede).
Sampai Tsim Tsa Tsui by MTR, gw keluar di B1(D1 lbh deket) tujuan Nathan Road. Jalan dikit sampailah di gedung Chungking Mansion yg kesohor itu. Berhubung masih pagi banyak yg belum buka. Tapi cuek naik turun cari kamar, akhirnya dapet kamar dilantai 16, kamarnya kecil kalo u/be2 bisa senggol2an tapi udah ada ac (kayaknya ga penting deh, dingin bgt sekarang), tv, kamar mandi kecil didalam cuma pake tirai plastik tapi yang terpenting dari segalanya ada water heater. Cukup pantas sesuai harganya cuma 180hkd/hari. Asiknya boleh langsung masuk ga perlu nunggu jam 12.

Chungking Mansion tuh..



Sekarang bubu benaran dulu. 

Sabtu sore menyambut malam minggu @Mong kok
Dari siang jalan muteri kawasan Nathan Road seputar chungking mansion yang full dengan mall kayak orchard road Singapore, tapi kurang berminat masuk cuma menikmati suasana keramaian jalan Nathan Road doang.
Sempetin mampir ke Kowloon Park, sekedar cari sinar matahar (dingin bgt brrr).
Taman tengah kota ini tertata rapi, ada tempat permainan anak, grup musik yang sedang nyanyi, airmancur, taman bunga mawar dan yang kusuka labirin dari bongsai jadi inget videoklip jadulnya Tony Braxton.

Kowloon Park





Setelah puas naik MTR ke Mongkok, dan disana lebih happening ramenya pejalan kaki. Entah darimana aja orang-orang itu. Sempet-sempetin lihat gadget2 yang bikin supermupeng di toko toko sekitar jalan Sai Yeung Choi karena harganya lebih murah  dari di Indonesia, contoh samsung galaxi tab baru 32gb cuma 5288hkd, beda 2 jutaan! Lalu mengitari ladies market ngebeli oleh-oleh baju Hongkong 100hkd dapet lima.
Untuk kamu yg hobby belanja murah, bisa kalap deh di sini.

Mongkok


Oke siap-siap sekarang balik ke Tsim Tsa Shui, segera menuju avenue of stars sambil ntar nontoni pertunjukan laser. Dari Chungking Mansion cuma jalan sedikit lalu turun ke subway, ikuti petunjuk jalan, sampe deh. Sayang banget sesampainya disana pertunjukan lampu-lampu tersebut baru kelar, tetapi menikmati keindahan suasana malam disini juga begitu luar biasa.
Besok pagi gw harus kesini lagi, juga besok malem lagi :)

Night in Hongkong



Minggu Pagi 9 Januari 2011
Setelah tidur pulas, hari ini siap-siap menyebrang ke Hongkong Island, tujuan adalah Victoria Park (kebetulan minggu pagi, pengen tahu kemeriahan disana bersama pahlawan devisa kita), naik the peak, keliling2 d.
Sebelumnya ini foto2 kamar yg kutempati (warning : only4 backpackers ya...hehe) :

Traveller Hostel



Oya, sebelum berangkat, gw sempet nanya2 hostel yg lain, dan ktemu Hawaii Guest House di lantai 14, dengan harga dan fasalitas yg sama tetapi disini dapet 2 tempat tidur dan kamar mandi berpintu :), lalu interiornya lebih baru dan manusiawi, akhirnya gw putusin pindah kesini. Lebih rekomendasi dari kamar sebelumnya.

Hawai Guest House, cuma 180hkd/day


Oke, perjalanan menyebrang ke Hongkong Island diawali sedikit jalan kaki ke pelabuhan Star Feri, ada dua pilihan destinasi yaitu central pier dan wan chai. Gw pilih central pier karena tujuan pertama victoria peak.
Gak pake nunggu langsung naik feri dan perjalanan cuma 10 menitan sampailah ke central pier, lalu dari luar pelabuhan melanjutkan dengan bus no 15c  ke peak tram.
Sesampainya di peak tram sudah terlihat antrian, total biaya naik tram ke the peak sebesar 25hkd untuk pergi dan 11 hkd untuk pulang.

Antrian naik peak tram


Duduk di tram yang menghadap kedepan  terasa seru karena jalannya menanjak naik hingga 45 derajat. Gak pake lama, cuma 15 menitan.
Sesampainya di atas, kita bisa melihat Hongkong dari ketinggian, lalu jalan-jalan keliling karena lagi-lagi ada mall disana. Kalo minat bisa masuk Madame Tussaud, gw sih cukup numpang berfoto dengan patung lilin pierce brosnan dan michele yeoh di depan, gratis.
Ga sampe 2 jam, gw langsung turun dan harus melalui antrian cukup panjang. Kembali ke peak tram, sedikit jalan kaki menurun ke arah china garden, ketemu moda transportasi Tram. Langsung aja naik ke arah causeway bay, sepanjang jalan melihat ribuan manusia memenuhi jalan dan toko-toko. Gila, ga ada matinya.
Sesampainya di causeway bay, juga disuguhkan mal-mal, pertokoan, yg membuat jalan kaki gak kerasa. Tujuanku Victoria Park. Kebetulan minggu pagi, jadi bakal rame dengan tkw Indonesia disana. Aromanya sendiri sudah terasa karena disana-sini ketemu orang-orang Indonesia dengan penampilan modis.
Jadi kalo jalan-jalan hari Minggu di Hongkong Island ga perlu pusing, banyak tempat bertanya dan mereka akan sangat senang membantu pas tahu kita dari Indonesia.


Bener saja, di victoria park sudah rame banget, ada pasar kaget, ada yg pengajian bareng, gosip, makan bareng, nyanyi, dengan penampilan yg ga nunjukin mereka kalo kebanyakan kerja di sektor rumah tangga.

Pasar kaget di victoria park

Ibu-ibu pengajian di victoria park


Cewek-cewek maho juga cuek aja pacaran dengan dandanan ala anggota the virgin, kayaknya ada trend tersendiri di kalangan tkw Indonesia disini, being maho!
Setelah puas ngobrol-ngobrol sama mbak-mbak disini, berasa di Indonesia deh, gw jalan-jalan naik tram, tarifnya murah, jauh dekat cuma 2 HKD. Selesai, gw rasa khatam Hongkong Island dan gw balik lagi ke Central Pier untuk pulang ke Tsim Tsa Tsui.

Suasana jalan dan tram




Minggu malam di Chungking Mansion
Badan gw demam, tidur-tiduran nonton tv acara ga jelas  setelah nenggak obat (untung bawa stok panadol, antangin, minyak angin). Diluar keadaan Hongkong ga beda dengan siang, bedanya lampu-lampu sana-sini Semoga besok agak baikan, rencana trip ke Macau jangan gagal euy. Masa Gayus bisa, gw nggak bisa.

Monday, 10 Januari 2011, 08.00 waktu HK
Alhamdullilah badan agak segeran, siap melanjutkan perjalanan ke Macau dengan tujuan awal pelabuhan penyebrangan ke Macau, kalo lihat peta ga jauh dari Chungking Mansion (makanya jangan sampe ga punya peta, ambil pas di bandara).
Beberapa foto yg tertinggal :

Mesin casing iphone, disini iphone udah kayak gadget sejuta umat

Gereja dengan arsitektur cina



Pelabuhan star ferry

Clock tower

Avenue of the stars


Menunggu kapal ke Macau
Setelah sedikit terlewatkan akhirnya ketemu juga HK China Fery Terminal. Gedungnya bukan seperti pelabuhan seperti dibayangkan sebelumnya. Seperti gedung bank bertingkat dan didalam bisa ketemu lift. Tinggal pencet lantai 1 untuk departure. Masuk kesana ada beberapa loket, aku beli First Ferry untuk kelas ordinary, 133hkd. Setelah melalui counter check in kita ketemu bagian imigrasi. Beres, resmi keluar dari Hongkong.
Gara-gara salah lihat jam, jam tangan yg dipake dari Indonesia yg telat satu jam. Kapal udah keburu berangkat karena aku asyik muter-muter bentar.
Untung petugasnya baik, tiketku bisa dirubah untuk keberangkatan jam 13.00.
Oke... Let's go Macau.

Suasana di ferry

Selanjutnya Part II

2 komentar:

  1. baca macau hongkong di blog ini,, sakit hati muncul lagi huaaaaaa,,,, tiket promoq huaaaaa mandala mandala hiks syoknya blom smbuh*lebay.... nice report eniwei, ditunggu report2nya selanjutnya

    BalasHapus
  2. nice post.. kemarin ke HKG-MACAU juga bulan januari tgl 15-21 walaupun agak berantakan tripnya karena reroute maskapai yg tadinya Mandala tapi batal terbang dan ga dapat voa Shenzen jadi dobel ticket ke Bangkok.. =P

    Sampai tanggal berapa kemarin? ga ketemu ya.. hehe

    Ke Shenzen juga kah kemarin??

    BalasHapus